Seperti kita ketahuai bahkan sudah hal awam lagi kalo tarikan motor byson memanh smoth / kurang responsip. Tapi jangan kecil hati dulu buat para pengendara sepeda motor byson ada banyak cara untuk mendongkrak tarikan byson agak lebih responsip.. Untuk byson yang di pake harian mending cari cara aman untuk mendongkrak tenaga byson tersebut, salah satunya dengan mengganti karbu ori byson yang masih vakum ke karbu konvensional, bisa pake pe 28 atau mikuni 26 milik si raja jalanan rx king. Cara pemasangannyapun terbilang cukup mudah...
Kita cukup menebus dulu karbu rx king ori di deler resmi harganya sekitar 500rb an.. Mgkin beda2 di tiap daerah. Setelah kita punya amunisi utamanya yaitu karbu rx king ori mari kita siapkan bahan2 lainnya yaitu :
1. Kabel gas vespa
Karena kabel kopling ini panjang dan kita bisa menyesuaikannya pada karbu rx king di motor byson kita masing2
2. Selang radiator mobil
Bisa pake selang radiator mobil kijang, yang diameternya sekitar 33mm.
3. 2Klem besar untuk manipul nya nanti.
4. Benang jahit
5. Lem power blue atau bisa pake lem korea
6. Tang pemotong
7. Kater
Cara pertama yaitu :
Kita lepas dulu karbu ori nya dari motor jangan lupa tutup kran bensinya juga lepas kabel tps ( sensor) nya. Setelah itu tidak lupa juga untuk melepas kabel gasnya juga.
Sekarang coba pasang dulu kabel gas vespanya pada byson, pasang sementara karbu rx king nya juga untuk menyesuaikan pemotongan kabel gasnya.. Jika di rasa sudah pas dan tidak ada masalah lalu potong pake tang potong. Stelah itu untuk membuat cantolan pada skep karbunya ujung tali gas yg td kita potong kita gulung sesuai dengan lubang cantolan skep lalu di kasih lem. Jika di rasa sudah cukup kuat dan rapi coba masukin cantolannya ke skep karbu rx king tsb, jng lupa per juga pengancingnya.
Selanjutnya coba kita pasang kembali karbu rx king td ke dalam manipul bawaan byaon dengan memakai selang radiator yg kita beli tadi, tidak lupa paskan dulu panjangnya dengan karbu dan selang yg menuju filter karbu. Setelah semua pas tinggal kita pasang dan kuatkan dengan 2 klem td. Jngan terll kecang dulu karna skep belum kita masukin ke dlm karbu.. Setelah skep kita masukin ke dlm karbu baru kita kencengin tuh klem2nya termasuk yg ke filter... Untuk kbel tosnya biarkan saya atau kita tutup menggunakan isolsi atau semacamnya agar tidak kemasukan air. Klo sudah pke karbu konvensional sensornya gak berpengaruh juga kok... Asal jngan sampe konslet aja..coba buka kran bensinnya dab biaran bnsin turun dulu ke mangkuk karbu. Lalu engkol2 dan bremmm...nyala tinggal kita seting ualng karbunya, klo pke karbu rx ori pasti lebih mudah dalam mensettingnya kok.. Coba belok2an setangnya sambil di gas apa tali gasnya ada yg menyangkut atau tidak jika lancar coba untuk test jalan... Dann bremmmmmmmmmm nafas pasti jd terasa lebih panjang, untuk sensornya karna tidak kita pasang psti akan menyala merah tp itu gak maslah kok itu cuma sensor karbu vakum bawaannya. Di jamanin klo sudah ganti denagn karbu konvesional milik rx king bawaannya pasti ingin tarik2 gas terus... Untuk lebih meningkatkan performanya lagi teman2 semua bisa menganti knalpot orinya dengan knalpot after market, karna kita tahu kalo knalpot ori byson itu gedenya tidak seperti knalpot2 sekelasnya. Cdi kita bisa pakai brt atau merk after market lainnya, dan gear kita ganti dengan ukuran 2 mata lebih besar atau kecilkan gear depan 1 mata.. ...
Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk teman2 semua yang sedang kebingungan mencari cara mendongkrak motor bysonnya. Salam cengesss bremmmmmmmmmm.......
1 Comments
Jadi pas pemasangan kaRbu k mesin bysonya Pake selang radiator kijang .supaya pas dengan ukuran manifold standard bysonya om
ReplyDelete